Selasa, 13 Desember 2016

Sejarah Berdirinya Rumah Sakit Universitas Airlangga

Dengan selesainya pemancangan tiang pancang Rumah Sakit Pendidikan Universitas Airlangga pada akhir tahun 2007, maka mulailah dibangun Rumah Sakit Pendidikan Universitas Airlangga. Pembangunan Rumah Sakit Pendidikan Universitas Airlangga dilandasi oleh keingingan yang kuat Universitas Airlangga untuk berbakti kepada bangsa dan negara melalui pembangunan kesehatan yang selaras dengan visi misi Universitas Airlangga.
Pada akhir tahun 2010, bangunan Rumah Sakit Pendidikan Universitas Airlangga secara makro sebanyak delapan lantai telah selesai, meskipun beberapa lantai saja yang secara mikro dapat dioperasikan.
Pada awal tahun 2011, terbitlah Keputusan Rektor tentang pengangkatan pimpinan di Rumah Sakit Pendidikan Universitas Airlangga, sehingga mulai saat itu dimulailah kegiatan-kegiatan intensif dan terpadu untuk mempersiapkan Rumah Sakit Pendidikan Universitas Airlangga dibuka pada tahap awal sekitar bulan Juni 2011.
Pada 9 Maret 2011 terbitlah Surat Ijin Kepala Dinas Kesehatan Pemerintah Kota Surabaya tentang ijin mendirikan Rumah Sakit Pendidikan Universitas Airlangga dan ijin sementara penyelenggaraan Rumah Sakit Pendidikan Universitas Airlangga.
Mulai saat itu, nama Rumah Sakit Pendidikan Universitas Airlangga diganti menjadi Rumah Sakit Universitas Airlangga.
Dengan bekal Surat Ijin Kepala Dinas Kesehatan Pemerintah Kota Surabaya dilakukan promosi Rumah Sakit Pendidikan Universitas Airlangga dan simulasi-simulasi pelayanan pasien yang hasilnya cukup memuaskan.
Oleh karena itu, dengan berdasar latar belakang tersebut di atas ditetapkanlah akan direncanakan tanggal 14 Juni 2011 sebagai hari “Peresmian Rumah Sakit Universitas Airlangga Tahap Awal (Soft Opening)”.
Semoga dengan adanya Rumah Sakit Universitas Airlangga ini menjadi satu point penting yang mana dapat meningkatkan kredibilitas serta kualitas mutu dari universitas sehingga dengan itu membantu peningkatan kualitas FK dan FKG pada khususnya dan untuk seluruh warga Universitas Airlangga pada umumnya. Dan juga masyarakat supaya lebih mengerti apa yang dimiliki UNAIR untuk masyarakat dan khalayak umum pastinya sehinggga kontribusi antara Universitas dengan masyarakat semakin baik dan menjadikan pula Universitas Airlangga menjadi tujuan utama sebagai menempuh pendidikan dalam segala aspek jurusan yang membantu mewujudkan cita-cita para penerus bangsa.

come and visit this link..>> http://www.unair.ac.id/
                                           http://bpp.unair.ac.id/ketentuanlomba 

Kamis, 08 Desember 2016

Selangkah Lebih Maju Menuju UNAIR di Gerbang Dunia

                                    

                                      
Dikutip dari UNAIR NEWS  Pesta karya ilmiah mahasiswa terbesar di Indonesia tahun 2016, telah berakhir Kamis (11/8) malam. Pesta kompetisi bernama Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-29 dilaksanakan di kampus Institut Pertanian Bogor (IPB) dan ditutup secara resmi oleh Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristek Dikti, Prof. Intan Ahmad, Ph.D.

Ajang PIMNAS ke-29 itu diikuti 145 perguruan tinggi se-Indonesia. Tiga besar juara PIMNAS kali ini masih didominasi oleh perguruan tinggi yang berdomisili di Jawa Timur. Ketiganya adalah Universitas Brawijaya (UB) yang meraih juara I, Universitas Gadjah Mada meraih juara II, Universitas Airlangga meraih juara III. Posisi UNAIR dalam PIMNAS tahun ini meningkat dari tahun lalu yang menduduki peringkat empat.  Dari hasil pengumuman peserta yang lolos ke PIMNAS yang dikeluarkan resmi oleh Dirjen Pendidikan Tinggi, Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti), Senin (25/7) malam, jumlah tim PKM UNAIR yang lolos ke PIMNAS 2016 ini meningkat signifikan. Tahun 2015 terdapat 13 tim PKM UNAIR yang lolos ke PIMNAS di Universitas Halu Oleo Kendari dan meraih peringkat IV. Sedangkan tahun 2014 terdapat 16 Tim PKM yang lolos ke PIMNAS di Undip Semarang. Bahkan sebelumnya (2013) hanya 11 tim tetapi menjadi runner-up PIMNAS Ke-26 di Unram Mataram.

Dari media Jurnal Indonesia menyebutkan PKM Unair yang menyabet emas di nomor presentasi, diantaranya dari tiga nomor PKM-PE (Penelitian Eksakta). Ketiganya adalah yang berjudul “Paduan Hyaluronic Acid (HA) Polyethylene Glycol (PEG) Sebagai Injectable Hydrogel untuk Terapi Penderita Degenerasi Diskus Intervertebralis” yang dipresentasikan Cityta Putri dan tim.
Kemudian di kelas 2, PKM-PE atas nama Inas Fatimah dan tim yang berjudul “Inovasi Durameter Artifisial Berbasis Selulosa Bakteri – Kolagen dengan Plasticizer pada Kasus Trauma Kepala”.
Ketiga, adalah makalah Karina Dwi Saraswati dan tim yang berjudul “Studi In Vivo Poly-Lactid-co-glicolic-Acid (PLGA) dengan Coating Kitosan sebagai Selaput Penutup Organ Pencernaan untuk Aplikasi Kelainan Dinding Perut yang Terbuka”. Ketiga tim penyabet emas nomor presentasi merupakan tim mahasiswa bimbingan Dr Prihartini Widiyanti drg MKes.
Ada satu lagi emas nomor presentasi yang dipersembahkan Ulima Hapsari dan tim dengan makalah PKM – Kewirausahaan berjudul “PKM (Penutup Kompres Mata) Anti Kantong Panda”.
Sedangkan, di nomor poster, medali emas Unair dipersembahkan PKM-K kelas presentasi-1 karya Indah Paraswati dan tim yang berjudul “Pemanfaatan Cangkang Kerang Simping (Placuna Placenta) sebagai Komoditi Usaha Pakan Ternak Unggas Non-Konvensional”.

Satu lagi dari PKM-K (Kewirausahaan) kelas-2 oleh Erwin Candra dan tim dengan poster makalah berjudul “KUMAK: Kit Uji Merkuri dalam Air dan Kosmetik sebagai Cara Praktis Menguji Kandungan Merkuri dalam Kosmetik dan Air”. (sak)

come and visit this link..>> http://www.unair.ac.id/
                                           http://bpp.unair.ac.id/ketentuanlomba 


UNAIR di Gerbang Dunia

                                       
Rumah Sakit Gigi dan Mulut
Sarana penunjang kelengkapan di bidang pendidikan khususnya pendidikan kedokteran gigi. Rumah sakit yang mengkhususkan diri pada penanganan berbagai permasalahan pada gigi dan rongga mulut ini, terbagi atas 3 bagian terkait tenaga profesional yang bekerja dalam menangani pasien dan pelaksanaan pendidikan di FKG Universitas Airlangga.

Rumah Sakit Hewan
Rumah sakit hewan ini sebagai sarana pembelajaran bagi mahasiswa untuk menangani berbagai macam penyakit yang ada pada hewan. Rumah sakit ini juga diperuntukkan untuk umum.

Perpustakaan Pusat
Perpustakaan sebagai sarana penunjang di bidang pendidikan dan pengabdian kepada masyarakat. fasilitas yang ada diperpustakaan antara lain :
Perpustakaan sebagai sarana penunjang di bidang pendidikan dan pengabdian kepada masyarakat. fasilitas yang ada diperpustakaan antara lain :

-. Layanan Internet;
-. Digital Library (pencarian katalog buku secara Online).

Laboratorium Fakultas Kedokteran Gigi
Universitas Airlangga memilikii fasilitas laboratorium di setiap fakultas dan jurusan. Fasilitas ini digunakan untuk kegiatan praktikum, penelitian maupun pelatihan bagi mahasiswa. Dan mahasiswa dapat melakukan penelitian di laboratorium dan memperaktekkan teori yang diperoleh dari kegiatan belajar. Fasilitas ini juga dapat dimanfaatkan mahasiswa yang sedang menjalankan tugas akhir dimana peralatan-peralatan yang ada di laboratorium diperlukan untuk menganalisa hasil penelitiannya.


Teknologi Informasi


Informasi, DSI Unair, 31-05-2012

Web Services

Layanan-layanan informasi tentang Universitas Airlangga yang ditampilkan melalui web di bawah domainunair.ac.id

Web Hosting Services

Layanan Web Hosting untuk Fakultas/Unit/Lembaga di lingkungan Universitas Airlangga


Email Services

Menyajikan kemudahan komunikasi jarak jauh bagi civitas akademika. Fasilitas Email telah diberikan kepada dosen, tenaga kependidikan dan mahasiswa Universitas Airlangga.

Internet and Intranet Connection

Dewasa ini, mengakses internet terbilang sangat mudah. Unair telah menyediakan akses internet dan intranet di seluruh area Kampus A-B-C. 

Jaringan internet dan intranet di Universitas Airlangga termonitor berdasar gateway status.


Pembayaran Online

Universitas Airlangga telah memiiki aplikasi yang sudah terkoneksi langsung (H2H) dengan pihak bank, sehingga dapat mempermudah proses pembayaran SPP mahasiswa.

Transaksi Akademik Online

Melalui aplikasi susiakad, Universitas Airlangga telah membangun layanan proses akademik secara mandiri. Diharapkan, seluruh transaksi akademik dapat dijalankan secara efektif dan efisien.

Blog Unair

Guna memberi ruang ekspresi bagi dosen dan tenaga kependidikan, Universitas Airlangga menyediakan fasilitas blog ber-subdomain blog.unair.ac.id


Forum Unair

Universitas Airlangga menyediakan ruang diskusi yang konstruktif bagi peningkatan kualitas pengetahuan, melalui media komunikasi online.

Airlangga Microsoft Campus Agreement

Menyediakan layanan instalasi software legal berbasis Microsoft.

Service for Open Source (SoS)

Selain telah menyediakan layanan perolehan operating system yang legal, Universitas Airlangga juga menyediakan layanan pemanfaatan open source software.


Transportasi


Informasi, DSI Unair, 31-05-2012

Transportasi

Pihak Universitas Airlangga dan bekerjasama dengan Bank BRI memberikan sumbangan berupa mini bus yang digunakan sebagai alat transportasi antar kampus, Bus ini dimanfaatkan oleh mahasiswa dan pegawai Universitas Airlangga. Transportasi Bus kampus ini diberi nama FLASH (Fast Local Area Shuttle) yang menghubungakan kampus A, B, dan C.


Fasilitas Olahraga dan Seni

Informasi, Humas-Unair, 31-05-2012

Sarana Olahraga
Sarana olahraga yang tersedian di Universitas Airlangga adalah :

Lapangan Tenis
Lokasi : berada di kampus A dan kampus B.

Lapangan Bola Basket
Lokasi : di sebelah gedung Airlangga University Press kampus C.

Lapangan Bulutangkis
Lokasi : di depan halaman Gedung Student Center kampus C.

Gelanggang Olahraga (GOR) Universitas Airlangga
Lokasi : di depan Fakultas Sains dan Teknologi kampus C.


Sarana Kesenian
Sarana kesenian yang terdapat di Universitas Airlangga adalah :

1. Paduan suara Universitas Airlangga
2. Tari dan karawitan
3. Musik atau band Universitas Airlangga


Fasilitas Mahasiswa

Informasi, PIH-Unair, 31-05-2012

Asrama Mahasiswa

Asrama terbagi menjadi 2: Asrama Putri dan Asrama Putra, keduanya berada di kampus C. Letaknya yang dekat dengan kampus dan mempermudah bagi mahasiswa untuk proses belajar baik dalam mengembangkan kemampuan di bidang akademik maupun yang sesuai dengan bakat dan minat masing-masing mahasiswa.



Asrama Putra



Asrama Putri

Student Center

Fasilitas yang diberikan kepada mahasiswa guna menunjang kegiatan belajar dan dapat mengembangkan minat dan bakat atau untuk membina Mahasiswa terhadap olahraga, seni dan lain sebagainya.



Gedung Pusat Kegiatan Mahasiswa/Student Center



Koperasi Mahasiswa (KOPMA)


Koperasi ini merupakan wujud kesejahteraan mahasiswa Unair. KOPMA juga menyediakan kebutuhan-kebutuhan mahasiswa untuk penunjang kegiatan perkuliahan dan kebutuhan hidup mahasiswa.

Poliklinik

Poliklinik sebagai lembaga yang bertugas untuk memelihara, membina, dan mengembangkan kesehatan bagi keluarga besar Universitas Airlangga khususnya dan juga bagi masyarakat pada umumnya.

come and visit this link..>> http://www.unair.ac.id/
                                           http://bpp.unair.ac.id/ketentuanlomba 

Rabu, 07 Desember 2016

Semangat Baru Datang dari Psikologi UNAIR

        Dalam suatu perlombaan pasti ada yang namanya kalah dan menang, tetapi terkadang kita merasa kekalahan yang kira rasakan tak sebanding dengan usaha yang sudah kita perjuangkan, banyak yang bilang “belom rejeki” , “sabar ae lah” , “dalanku gak nak kene” nah kata kata semacam itu yang menjadikan kita terkadang mulai beranjak dari gagal dan memulai untuk mau membuka diri dan mau memperbaiki kekurangan dan berjuang lagi untuk meraih kesuksesan.
          Seperti halnya saat aku menjadi LO di ajang AYC seperti yang aku ceritakan sebelumnya aku meLoin seorang finalis paper dari bidang sosial dan ekonomi yang juga berasal dari UNAIR namanya adalah kak ikak dan kak ariqa, kedua kakak yang aku Loin ini berasal dri prodi yang sama yaitu psikologi, aku menilai kedua kakak ini memiliki semangat yang tinggi dan keramahan yang dibilang sangat ramah bahkan baru beberapa jam saja sudah mengenal banyak peserta lain dari UMY dan UI nah aku dengan cepat dapat mengenal mereka ya karena sifat keramah tamahan yang mereka tuangkan padaku saat aku bertemu mereka berdua, di hari pertama kala itu agenda kami yaitu menjemput kedatangan dan untuk menghadiri Technical Meeting di Hotel Evora nah itu lah saat pertama kali aku melihat secara langsung kak Ikak dan kak Ariqa. Dari jauh aku sudah disapanya saat aku mulai meoleh kanan –kiri untuk mencari mereka yah syukurlah cepat bertemu. 
        Setelah Technical Meeting usai di hari kedua tiba saatnya presentasi karya ilmiah dan juga poster yang dilakukan di AMEC  tepatnya berada di kampus A UNAIR sebelum acara dimulai kami para LO yang sudah barang tentu harus datang terlebih dulu untuk menyambut kedatangan para peserta, tiba saat kedatangan kak Ikak dan kak Ariqa mereka memakai baju yang cukup nyentrik sih aku bilang karena berwarna kuning keemasan dengan penuh semangat seperti biasanya aku langsung menyambut kedatangan mereka dan mengantar untuk registrasi dan mengambil makan pagi, tak lama setelah itu kami pun beranjak dan menuju ke lantai 2 tempat dimana presentasi akan dimulai.
           Setelah jam menunjukkan pukul 11 para peserta diperkenankan keluar karena waktu presentasi sudah selesai dan berlanjut untuk city tour  disitu para peserta akan diajak berkeliling Surabaya menggunakan bis yang sudah disediakan panitia untuk sekedar refreshing setalah presentasi dan malamnya yang akan langsung diumumkan para pemenang dari poster maupun paper. 
       Waktu Gala Dinner  mulai waktu yang sangat ditunggu –tunggu para peserta untuk pengumuman pemenangnya, aku melihat dari kejauhan tampak ketegangan dari kak ikak dan kak Ariqa, namun sayang ketika diumumkan mereka belum diberikan kemenangan, tapi yang aku heran mereka tetap bersemangat seakan berlalu begitu saja rasa penyesalan itu, mungkin itu yang pelru aku teladani dari kakak-kakak ini, subhanallah semoga kak Ariqa dan kak Ikak menjadi juara di lain kesempatan dan sukses di kehidupan mendatang, Aamiin :))

come and visit this link..>> http://www.unair.ac.id/
                                           http://bpp.unair.ac.id/ketentuanlomba 

MENJADI PEMIMPIN AMANAH BEM FST UNAIR

         Menjadi seorang pemimpin adalah sesuatu yang diimpikan banyak orang, bukan hanya tergiur oleh harta semata melainkan sebuah tanggung jawab yang besar untuk diemban dan utamanya dapat mewujudkan visi misi yang sesuai dengan keinginan para pemilihnya. Bulan-bulan ini adalah minggu paling sibuk dan minggu yang menentukan masa depan Fakultas Sains dan Teknologi serta prodi sistem informasi UNAIR. Bagaimana tidak? Bulan ini akan diadakan pemilihan ketua BEM dan BLM Fakultas Sains dan Teknologi (FST) dan juga KAHIMA (Ketua Himpunan Mahasiswa) S1 Sistem Informasi UNAIR, yang mana kami sebagai maba juga turut memilih dalam menentukan pemimpin kami karena semakin berkembangnya fakultas juga karena amanah dan visi misi dan tekad yang kuat dari para ketua per prodi yang nantinya akan menjurus ke ketua BEM pula, sehingga perlu diperhatikan dan dipikir matang-matang karena menyangkut fakultas kita sendiri.
         Pada hari selasa lalu kami memilih ketua BEM dan BLM FST yang mana sistem pemilihannya menggunakan sistem online bukan nyoblos lagi, hal ini mungkin dikarenakan biaya yang digunakan lebih hemat dan efisien dalam pnghitungan suara serta dalam praktek kecurangan juga dapat terminimalisir sehingga cara ini dinilai akurat dalam pemilihan, setelah dilakukan pemilihan yang disediakan posko per prodi pada malam harinya sudah dilakukan penghitungan polling suara terbanyak yang dilakukan oleh panitia, kalo boleh jujur sih dari para calon ketua BEM dan BLM yang paling aku kenal adalah Mas Oyon, alasannya kenapa?? Karena dulu ketika aku masih masa-masa ospek Mas Oyon lah yang sering menjadi MC (Masters of Ceremony) yang mana hal itu sedikit mengenalkanku tentang kepribadiannya yang dimiliki. Dalam pandanganku Mas Oyon ini orangnya friendly banget lah sekalipun ngga seprodi juga tetep asik orangnya tapi bisa serius juga sih nah disitu alasannku memilihnya. Tapi aku tak tau begitu banyak tentang masalah akademisnya karena ngga seprodi dan juga kalo tanya yah takut tersinggung karena itu masalah privasi, dan hal yang paling membuatku malu adalah aku kira Mas Oyon itu angkatan 2015 padahal 2014 aku pernah bilang sih tapi untung masnya ngga begitu dengar ya karena tampangnya kaya wajah-wajah baru UNAIR gitu nyatanya kok udah mahasiswa lama (peace).
         Seketika malam itu diumumkan Mas Oyon lah menjadi polling terbanyak pada ketua BEM sehingga Mas Oyon lah yang nanti meneruskan visi misi fakultas selanjutnya, tak jauh dari itu prodi Sistem Informasipun minggu depan sudah mulai melakukan pemilihan KAHIMA baru jadi untuk kandidat Mas Doni yang pinter kalkulus dan Mas Zein yang pinter Alpro semoga bisa mengemban amanah dari kami dan semoga dapat menjadi Sistem Informasi lebih maju dan berkompeten dalam bidang teknologi tentunya ^_^ 


come and visit this link..>> http://www.unair.ac.id/
                                           http://bpp.unair.ac.id/ketentuanlomba 

Senin, 05 Desember 2016

Tugas Pengantar Teknologi Informasi (PTI) “Penerapan Teknologi Informasi di Bidang : Perbankan”

Tugas Pengantar Teknologi Informasi (PTI)
“Penerapan Teknologi Informasi 
di Bidang : Perbankan”



Anggota Kelompok 1 :
1.)  Adinda Khairunnisa    (081611633020)
2.)  A. Deliar Nur              (081611633010)
3.)  Ade Vita Aulia              (081611633052)



Program Studi Sistem Informasi
Fakultas Sains dan Teknologi
Universitas Airlangga
2016

Teknologi Sistem Informasi Perbankan
Teknologi Informasi Perbankan adalah Teknologi terkait sarana komputer, telekomunikasi dan sarana elektronik lainnya yang digunakan dalam pengolahan data keuangan dan atau pelayanan jasa perbankan.
Untuk mendukung perkembangan dalam industri perbankan yang semakin pesat, maka dukungan teknologi atau sistem menjadi penting dan merupakan suatu kebutuhan yang tidak dapat diabaikan. Perbankan adalah sebuah industri yang membutuhkan kepercayaan dari pihak nasabah untuk mau melakukan transaksi di perbankan.
Saat ini tuntutan nasabah untuk memproses transaksi perbankan dengan cepat, aman, dan nyaman menjadi suatu kebutuhan utama yang mendukung puas atau tidaknya nasabah melakukian transaksi di perbankan. Dengan adanya tuntutan ini, maka petugas perbankan dituntut untuk mempu mengoperasikan sistem aplikasi yang digunakan oleh bank dengan baik dan dapat menerapkan system dan prosedur yang berlaku diperbankan sehingga dapat memberikan kenyamanan dan menjaga kerahasiaan data nasabah.
Sistem aplikasi teknologi informasi perbankan harus mengikuti prinsip dasar yang telah ditetapkan oleh bank indonesia sebagai regulator, yaitu aturan mengenai penerapan manajemen risiko dalam penggunaan teknologi informasi oleh bank, dimana bank wajib menerapkan manajemen risiko secara efektif dalam penggunaan teknologi informasi (TI).
Dalam penerapannya, ada beberapa contoh kemajuan Teknologi Sistem Informasi Perbankan, antara lain :
1.)Internet Banking (e-Banking)
Pengertian Internet Banking adalah suatu aktivitas transaksi yang berhubungan dengan perbankan, dimana aktivitas tersebut bisa dilakukan di kantor, rumah atau tempat-tempat lainnya dengan menggunakan jaringan internet.
Pada dasarnya internet banking dibuat guna memudahkan kedua belah pihak, antara nasabah dan pihak bank. Berikut ini beberapa manfaat Internet Banking untuk para nasabah dan pihak bank.

Manfaat Internet Banking Untuk Nasabah

Dengan menggunakan fasilitas Internet Banking sejatinya memberikan keuntungan bagi para nasabah. Manfaat atau keuntungan internet banking bagi nasabah tersebut adalah nasabah tidak perlu lagi mengunjungi bank untuk melakukan transaksi perbankan. Dengan demikian nasabah diuntungkan dalam hal waktu dan biaya.
Manfaat lainnya bagi nasabah adalah dapat melakukan transaksi dengan cepat dimana saja dan kapan saja asalkan terhubung ke jaringan internet.

Manfaat Internet Banking Untuk Pihak Bank

Dengan menyediakan fasilitas Internet Banking, bank terbantu dalam hal pengurangan biaya operasional. Keuntungan lainnya adalah dengan menyediakan fasilitas internet banking akan menggiring orang-orang untuk menjadi nasabah bank tersebut.
 Adapun alamat Internet Banking berdasarkan Nama Banknya diantaranya yaitu :
  1. Bank Mandiri, Situs web http://www.bankmandiri.co.id
  2. BCA, Situs web http://www.klikbca.com
  3. BNI, Situs web https://ibank.bni.co.id
  4. BRI, Situs web https://ib.bri.co.id
  5. Bukopin, Situs web bukopin.co.id
  6. Bank Bumi Arta, Situs web bankbba.co.id
  7. Bank Danamon, Situs web https://www.danamonline.com/
  8. Bank Muamalat, Situs web bankmuamalat.co.id
2.)  e-Payment
E-payment adalah sistem pembayaran yang menggunakan fasilitas internet sebagai sarana perantara. Saat ini banyak start up yang memfasilitasi pihak penjual dan pembeli dengan memberikan jaminan keamanan transaksi e-commerce. Untuk menjamin keamanan transaksi tersebut, start up yang menjadi perantara akan bekerja sama dengan sejumlah lembaga perbankan untuk mulai memfasilitasi e-payment secara aman, cepat dan praktis.
Untuk memudahkan anda berbelanja atau berbisnis secara e-commerce, kenali dulu beberapa #startups yang dapat memfasilitasi e-payment sebagai sarana pembayaran. Beberapa start up di Indonesia yang memiliki fasilitas e-payment adalah :
1. Kaskus
Kaskus adalah salah satu forum terbesar di Indonesia yang menyediakan fasilitas e-payment gateway bernama Kaspay. Kaspay resmi diluncurkan pada ulang tahun Kaskus yang ke-10. Hingga saat ini Kaspay banyak digunakan oleh anggota forum Kaskus untuk melakukan transaksi jual beli di forum yang dikenal dengan sebutan FJB (Forum Jual Beli).
2. Tokopedia
Tokopedia merupakan start up Indonesia yang memfasilitasi kegiatan belanja online secara aman dan praktis. Pihak penjual dapat memperoleh domain khusus untuk mulai berjualan di Tokopedia. Selanjutnya, para calon pelanggan yang sudah melakukan log in di Tokopedia akan leluasa memilih produk yang diinginkan dan langsung melakukan pembayaran. Selanjutnya, pembayaran tersebut akan masuk ke akun penjual bila pelanggan sudah memberi konfirmasi penerimaan barang. Sangat aman bukan.
3. BukaLapak.com
BukaLapak.com memiliki konsep yang hampir mirip dengan Tokopedia, bedanya anda yang berniat membeli produk tidak perlu melakukan log in untuk dapat menggunakan layanan yang disediakan BukaLapak.com. Pembayaran anda akan masuk ke akun penjual bila anda sudah memberi konfirmasi penerimaan barang.
Model E-payment
Terdapat beberapa sistem pembayaran (E-Paymen System) :
1.Micropayment
Micropayment adalah transaksi keuangan yang melibatkan jumlah yang sangat kecil uang dan biasanya salah satu yang terjadi secara online . Paypal mendefinisikan micropayment sebagai transaksi kurang dari 12 USD. sedangkan Visa  lebih memilih transaksi bawah 20 dolar Australia, dan meskipun micropayments yang awalnya direncanakan untuk melibatkan uang dalam jumlah jauh lebih kecil dari uang, sistem praktis untuk memungkinkan transaksi kurang dari 1 USD telah melihat sedikit keberhasilan. Satu masalah yang telah mencegah kemunculan mereka adalah kebutuhan untuk menjaga biaya rendah untuk transaksi individual,  yang tidak praktis ketika bertransaksi dalam jumlah kecil seperti bahkan jika biaya transaksi hanyalah beberapa sen.
2.E-wallet
E-Wallet adalah dompet elektronik yang mulai banyak dirasakan manfaatnya oleh masyarakat karena kemudahan penggunaanya. Satu hal yang pasti dalam bertransaksi melalui e-Wallet adalah segala sesuatunya berkaitan dengan Rekening anda, jadi  yang dibayarkan kepada penjual bukanlah berupa uang Tunai (mirip pembayaran dengan Kartu Kredit maupun Kartu Debit ).
4.Credit Card, Smartcard
Smart card didefinisikan sebagai sebuah kartu dengan IC (Integrated Circuit) yang tertanam didalamnya, dimana IC tersebut digunakan untuk melakukan proses informasi, juga memiliki media penyimpanan dengan kapasitas tertentu.
5.Electronic Bill Presentment and Payment
RUU penggambaran Elektronik dan pembayaran (EBPP) adalah merevolusi proses penagihan dengan menawarkan penggambaran online dan real time dari konten tagihan dan pilihan pembayaran.  EBPP adalah cara mudah melihat Status penagihan, item pengiriman uang, dan saldo menghadirkan menggunakan browser universal dari setiap lokasi. Berbeda dengan berbasis kertas tagihan, penagihan elektronik memungkinkan penyedia layanan untuk menggabungkan penagihan dengan layanan pelanggan maju dan manajemen hubungan pelanggan lebih baik. Elektronik dan Pembayaran menyajikan penting tentang cara baru dalam melihat dan membayar tagihan. Penulis mendefinisikan model bisnis dasar, seperti opsi konsolidator kreditor langsung dan berbagai model, mengalokasikan alat yang tepat untuk masing-masing model, dan membedakan antara kebutuhan industri utama.  Teks ini menjelaskan bagaimana membangun dan menerapkan nilai tambah kemampuan seperti personalisasi, up-selling, manajemen sengketa online, dan kontrol yang lebih baik terhadap keadaan akun proses hutang dan piutang secara signifikan dapat meningkatkan layanan pelanggan dan manajemen hubungan pelanggan atas nama penyedia layanan.
3.)  EDC ( Electronic Data Capture )
Mesin EDC ( Electronic Data Capture ) atau yang lebih dikenal dengan ATM Mini adalah Mesin yang berfungsi sebagai sarana penyedia transaksi dan alat pembayaran yang penggunaannya dengan cara memasukkan atau menggesek kartu ATM, kartu debit maupun kartu kredit dalam suatu bank maupun antar bank, serta dilengkapi dengan fasilitas pembayaran lainnya yang terkoneksi secara realtime.
Seiring dengan berkembangnya teknologi perbankan, masyarakat dimanjakan dengan adanya beragam fasilitas, mulai dari SMS Banking, Mobile Banking, Internet Banking, ATM dan kemudahan berbelanja hanya dengan selembar kartu di Mesin EDC.
  • Manfaat EDC Bagi pemilik toko atau kasir
  1. Proses pembukuan yang menjadi lebih mudah
  2. Tidak perlu menyimpan uang tunai dalam jumlah yang banyak
  3. Kemudahan uang kembalian pembelian 
  4. Meminimalisir kejahatan dan juga penggelapan uang oleh karyawan
  5. Lebih mudah dalam melakukan pengawasan
  • Manfaat EDC Bagi Pembeli
  1. Lebih mudah dalam melakukan transaksi
  2. Menghemat waktu
  3. Tidak perlu menyiapkan uang dalam jumlah yang besar dan banyak
  4. Meminimalisir resiko kejahatan
  5. Aman dalam bertransaksasi, karena menggunakan PIN
  6. Bisa digunakan untuk nominal hingga jutaan rupiah
  7.  Bisa digunakan di berbagai situasi, terutama darurat

4.)    CDM ( Cash Deposit Machine )
Cash Deposit Mesin (CDM) adalah ATM yang didesain sedemikian rupa sehingga bisa untuk transaksi setoran tunai dengan nominal tertentu.
Manfaat :
  • Transaksi langsung masuk saat itu juga (realtime).
  • Setoran tunai dalam pecahan Rp, 20.000, Rp. 50,000 dan Rp. 100.000.
  • Transaksi penyetoran bisa dilakukan kapan saja selama 24 jam nonstop .
  • Tidak perlu antri di teller/kasir.
  • Bisa menggunakan beberapa atm bca jika setoran > dari Rp. 5.000.000,-
  • Bisa setor ke rekening sendiri maupun ke rekening nasabah bca lainnya.
  • Sangat membantu nasabah baik dari individu/pebisnis kecil-besar.




come and visit this link..>> http://www.unair.ac.id/
                                           http://bpp.unair.ac.id/ketentuanlomba 

Jumat, 02 Desember 2016

Pengalaman Jadi LO Event AYC Universitas Airlangga

Tuntutan dalam mencari SKP sebagai syarat kelulusan mulai aku cicil dengan mengikuti ajang AYC yang mana aku menjadi seorang panitia yaitu Loin peserta, mungkin ini pertama kalinya aku menjadi seorang LO padahal biasanya sih yang di Loin. Berbekal pengalaman selama di Loin semasa lomba dulu aku juga ingin mengumpulkan sertifikat yang memiliki nilai skp juga dong, selain itu juga menambah pengalaman juga sih..
Kali ini aku memegang finalis PAPER yang asalnya dari UNAIR sih, jadi ngga terlalu ribet dan itu kating loh jadi ya untuk masalah tempat dominansi peserta yang aku pegang malah lebih tau karena sudah mulai dari awal, sedangkan ketika aku mulai melakukan sms peserta untuk konfirmasi kehadiran pun menjadi salah satu tugas utama untuk menghandle tiap peserta sehingga tidak ada misscom antara panitia dan peserta lomba, dalam ajang AYC (Airlangga Youth Competition) yang berskala nasional ini tentu banyak peserta yang datang dari segala penjuru nusantara. Setauku yang paling jauh sih datang dari Riau, kakak kakak dari Riau yang sebenarnya berjumlah 4 tim yang lolos final menjadi bersisa satu kelompok saja yang berangkat menuju UNAIR, alasannya terpaut biaya yang diberikan sekolah dan dana yang dimiliki peserta juga terbatas jadi delegasi dari Riau pun mengurangi jumlah kelompok.

Di hari pertama kami di AYC kami bertugas menjemput para peserta yang sudah membayarkan uang sejumlah 800 ribu rupiah untuk menginap di hotel dan juga akomodasi serta transportasi selama kegiatan lomba berlangsung, sedangkan yang berdomisili Surabaya hanya membayar 400 karena dengan menggunakan tempat sendiri untuk menginap. Hari hari kami selama AYC sangat begitu berwarna mulai dari kedatangan peserta, konsumsi peserta yang kurang tepat waktu sehingga waktu molor juga sih, namun sempat saat acara paper ada pesertaku dari UNAIR mengatakan bahwa dia juga mengikuti Paper dan poster sehingga jadwal presentasi memungkinkan adanya berbarengan sehingga perlu adanya konfirmasi lebih lanjut ke panitia. Awalnya aku juga kasihan dengan tim yang di korbankan karean mereka sudah bersusah payah untuk masuk ke babak final tersebut.berbagai perjalanan kami lewati mulai dari seminar Symposium yang semula kekurangan peserta namun kami seluruh panitia diwajibkan membawa masing-masing menjualkan tiket seminar sebnayak 5 tiap panitia awalnya mungkin susah namun dengan sedikit rayuan sedikit demi sedikit peserta mulai mendaftar dan kuota mencukupi untuk seminar, yahh untuk pengalaman sajalah. Eh tapi ini aku menuliskan artikel ini acara AYC masih berlangsung sampai 2 hari kedepan loh, semangat junjung cita setinggi mungkin ^^

                                               

come and visit this link..>> http://www.unair.ac.id/
                                           http://bpp.unair.ac.id/ketentuanlomba