Senin, 05 Desember 2016

Tugas Pengantar Teknologi Informasi (PTI) “Penerapan Teknologi Informasi di Bidang : Perbankan”

Tugas Pengantar Teknologi Informasi (PTI)
“Penerapan Teknologi Informasi 
di Bidang : Perbankan”



Anggota Kelompok 1 :
1.)  Adinda Khairunnisa    (081611633020)
2.)  A. Deliar Nur              (081611633010)
3.)  Ade Vita Aulia              (081611633052)



Program Studi Sistem Informasi
Fakultas Sains dan Teknologi
Universitas Airlangga
2016

Teknologi Sistem Informasi Perbankan
Teknologi Informasi Perbankan adalah Teknologi terkait sarana komputer, telekomunikasi dan sarana elektronik lainnya yang digunakan dalam pengolahan data keuangan dan atau pelayanan jasa perbankan.
Untuk mendukung perkembangan dalam industri perbankan yang semakin pesat, maka dukungan teknologi atau sistem menjadi penting dan merupakan suatu kebutuhan yang tidak dapat diabaikan. Perbankan adalah sebuah industri yang membutuhkan kepercayaan dari pihak nasabah untuk mau melakukan transaksi di perbankan.
Saat ini tuntutan nasabah untuk memproses transaksi perbankan dengan cepat, aman, dan nyaman menjadi suatu kebutuhan utama yang mendukung puas atau tidaknya nasabah melakukian transaksi di perbankan. Dengan adanya tuntutan ini, maka petugas perbankan dituntut untuk mempu mengoperasikan sistem aplikasi yang digunakan oleh bank dengan baik dan dapat menerapkan system dan prosedur yang berlaku diperbankan sehingga dapat memberikan kenyamanan dan menjaga kerahasiaan data nasabah.
Sistem aplikasi teknologi informasi perbankan harus mengikuti prinsip dasar yang telah ditetapkan oleh bank indonesia sebagai regulator, yaitu aturan mengenai penerapan manajemen risiko dalam penggunaan teknologi informasi oleh bank, dimana bank wajib menerapkan manajemen risiko secara efektif dalam penggunaan teknologi informasi (TI).
Dalam penerapannya, ada beberapa contoh kemajuan Teknologi Sistem Informasi Perbankan, antara lain :
1.)Internet Banking (e-Banking)
Pengertian Internet Banking adalah suatu aktivitas transaksi yang berhubungan dengan perbankan, dimana aktivitas tersebut bisa dilakukan di kantor, rumah atau tempat-tempat lainnya dengan menggunakan jaringan internet.
Pada dasarnya internet banking dibuat guna memudahkan kedua belah pihak, antara nasabah dan pihak bank. Berikut ini beberapa manfaat Internet Banking untuk para nasabah dan pihak bank.

Manfaat Internet Banking Untuk Nasabah

Dengan menggunakan fasilitas Internet Banking sejatinya memberikan keuntungan bagi para nasabah. Manfaat atau keuntungan internet banking bagi nasabah tersebut adalah nasabah tidak perlu lagi mengunjungi bank untuk melakukan transaksi perbankan. Dengan demikian nasabah diuntungkan dalam hal waktu dan biaya.
Manfaat lainnya bagi nasabah adalah dapat melakukan transaksi dengan cepat dimana saja dan kapan saja asalkan terhubung ke jaringan internet.

Manfaat Internet Banking Untuk Pihak Bank

Dengan menyediakan fasilitas Internet Banking, bank terbantu dalam hal pengurangan biaya operasional. Keuntungan lainnya adalah dengan menyediakan fasilitas internet banking akan menggiring orang-orang untuk menjadi nasabah bank tersebut.
 Adapun alamat Internet Banking berdasarkan Nama Banknya diantaranya yaitu :
  1. Bank Mandiri, Situs web http://www.bankmandiri.co.id
  2. BCA, Situs web http://www.klikbca.com
  3. BNI, Situs web https://ibank.bni.co.id
  4. BRI, Situs web https://ib.bri.co.id
  5. Bukopin, Situs web bukopin.co.id
  6. Bank Bumi Arta, Situs web bankbba.co.id
  7. Bank Danamon, Situs web https://www.danamonline.com/
  8. Bank Muamalat, Situs web bankmuamalat.co.id
2.)  e-Payment
E-payment adalah sistem pembayaran yang menggunakan fasilitas internet sebagai sarana perantara. Saat ini banyak start up yang memfasilitasi pihak penjual dan pembeli dengan memberikan jaminan keamanan transaksi e-commerce. Untuk menjamin keamanan transaksi tersebut, start up yang menjadi perantara akan bekerja sama dengan sejumlah lembaga perbankan untuk mulai memfasilitasi e-payment secara aman, cepat dan praktis.
Untuk memudahkan anda berbelanja atau berbisnis secara e-commerce, kenali dulu beberapa #startups yang dapat memfasilitasi e-payment sebagai sarana pembayaran. Beberapa start up di Indonesia yang memiliki fasilitas e-payment adalah :
1. Kaskus
Kaskus adalah salah satu forum terbesar di Indonesia yang menyediakan fasilitas e-payment gateway bernama Kaspay. Kaspay resmi diluncurkan pada ulang tahun Kaskus yang ke-10. Hingga saat ini Kaspay banyak digunakan oleh anggota forum Kaskus untuk melakukan transaksi jual beli di forum yang dikenal dengan sebutan FJB (Forum Jual Beli).
2. Tokopedia
Tokopedia merupakan start up Indonesia yang memfasilitasi kegiatan belanja online secara aman dan praktis. Pihak penjual dapat memperoleh domain khusus untuk mulai berjualan di Tokopedia. Selanjutnya, para calon pelanggan yang sudah melakukan log in di Tokopedia akan leluasa memilih produk yang diinginkan dan langsung melakukan pembayaran. Selanjutnya, pembayaran tersebut akan masuk ke akun penjual bila pelanggan sudah memberi konfirmasi penerimaan barang. Sangat aman bukan.
3. BukaLapak.com
BukaLapak.com memiliki konsep yang hampir mirip dengan Tokopedia, bedanya anda yang berniat membeli produk tidak perlu melakukan log in untuk dapat menggunakan layanan yang disediakan BukaLapak.com. Pembayaran anda akan masuk ke akun penjual bila anda sudah memberi konfirmasi penerimaan barang.
Model E-payment
Terdapat beberapa sistem pembayaran (E-Paymen System) :
1.Micropayment
Micropayment adalah transaksi keuangan yang melibatkan jumlah yang sangat kecil uang dan biasanya salah satu yang terjadi secara online . Paypal mendefinisikan micropayment sebagai transaksi kurang dari 12 USD. sedangkan Visa  lebih memilih transaksi bawah 20 dolar Australia, dan meskipun micropayments yang awalnya direncanakan untuk melibatkan uang dalam jumlah jauh lebih kecil dari uang, sistem praktis untuk memungkinkan transaksi kurang dari 1 USD telah melihat sedikit keberhasilan. Satu masalah yang telah mencegah kemunculan mereka adalah kebutuhan untuk menjaga biaya rendah untuk transaksi individual,  yang tidak praktis ketika bertransaksi dalam jumlah kecil seperti bahkan jika biaya transaksi hanyalah beberapa sen.
2.E-wallet
E-Wallet adalah dompet elektronik yang mulai banyak dirasakan manfaatnya oleh masyarakat karena kemudahan penggunaanya. Satu hal yang pasti dalam bertransaksi melalui e-Wallet adalah segala sesuatunya berkaitan dengan Rekening anda, jadi  yang dibayarkan kepada penjual bukanlah berupa uang Tunai (mirip pembayaran dengan Kartu Kredit maupun Kartu Debit ).
4.Credit Card, Smartcard
Smart card didefinisikan sebagai sebuah kartu dengan IC (Integrated Circuit) yang tertanam didalamnya, dimana IC tersebut digunakan untuk melakukan proses informasi, juga memiliki media penyimpanan dengan kapasitas tertentu.
5.Electronic Bill Presentment and Payment
RUU penggambaran Elektronik dan pembayaran (EBPP) adalah merevolusi proses penagihan dengan menawarkan penggambaran online dan real time dari konten tagihan dan pilihan pembayaran.  EBPP adalah cara mudah melihat Status penagihan, item pengiriman uang, dan saldo menghadirkan menggunakan browser universal dari setiap lokasi. Berbeda dengan berbasis kertas tagihan, penagihan elektronik memungkinkan penyedia layanan untuk menggabungkan penagihan dengan layanan pelanggan maju dan manajemen hubungan pelanggan lebih baik. Elektronik dan Pembayaran menyajikan penting tentang cara baru dalam melihat dan membayar tagihan. Penulis mendefinisikan model bisnis dasar, seperti opsi konsolidator kreditor langsung dan berbagai model, mengalokasikan alat yang tepat untuk masing-masing model, dan membedakan antara kebutuhan industri utama.  Teks ini menjelaskan bagaimana membangun dan menerapkan nilai tambah kemampuan seperti personalisasi, up-selling, manajemen sengketa online, dan kontrol yang lebih baik terhadap keadaan akun proses hutang dan piutang secara signifikan dapat meningkatkan layanan pelanggan dan manajemen hubungan pelanggan atas nama penyedia layanan.
3.)  EDC ( Electronic Data Capture )
Mesin EDC ( Electronic Data Capture ) atau yang lebih dikenal dengan ATM Mini adalah Mesin yang berfungsi sebagai sarana penyedia transaksi dan alat pembayaran yang penggunaannya dengan cara memasukkan atau menggesek kartu ATM, kartu debit maupun kartu kredit dalam suatu bank maupun antar bank, serta dilengkapi dengan fasilitas pembayaran lainnya yang terkoneksi secara realtime.
Seiring dengan berkembangnya teknologi perbankan, masyarakat dimanjakan dengan adanya beragam fasilitas, mulai dari SMS Banking, Mobile Banking, Internet Banking, ATM dan kemudahan berbelanja hanya dengan selembar kartu di Mesin EDC.
  • Manfaat EDC Bagi pemilik toko atau kasir
  1. Proses pembukuan yang menjadi lebih mudah
  2. Tidak perlu menyimpan uang tunai dalam jumlah yang banyak
  3. Kemudahan uang kembalian pembelian 
  4. Meminimalisir kejahatan dan juga penggelapan uang oleh karyawan
  5. Lebih mudah dalam melakukan pengawasan
  • Manfaat EDC Bagi Pembeli
  1. Lebih mudah dalam melakukan transaksi
  2. Menghemat waktu
  3. Tidak perlu menyiapkan uang dalam jumlah yang besar dan banyak
  4. Meminimalisir resiko kejahatan
  5. Aman dalam bertransaksasi, karena menggunakan PIN
  6. Bisa digunakan untuk nominal hingga jutaan rupiah
  7.  Bisa digunakan di berbagai situasi, terutama darurat

4.)    CDM ( Cash Deposit Machine )
Cash Deposit Mesin (CDM) adalah ATM yang didesain sedemikian rupa sehingga bisa untuk transaksi setoran tunai dengan nominal tertentu.
Manfaat :
  • Transaksi langsung masuk saat itu juga (realtime).
  • Setoran tunai dalam pecahan Rp, 20.000, Rp. 50,000 dan Rp. 100.000.
  • Transaksi penyetoran bisa dilakukan kapan saja selama 24 jam nonstop .
  • Tidak perlu antri di teller/kasir.
  • Bisa menggunakan beberapa atm bca jika setoran > dari Rp. 5.000.000,-
  • Bisa setor ke rekening sendiri maupun ke rekening nasabah bca lainnya.
  • Sangat membantu nasabah baik dari individu/pebisnis kecil-besar.




come and visit this link..>> http://www.unair.ac.id/
                                           http://bpp.unair.ac.id/ketentuanlomba 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar