Jumat, 16 Desember 2016

10 Hal yang Harus Kamu Ketahui Tentang PPMB Unair

Nah bagi kamu yang ingin masuk ke Universitas Airlangga kamu perlu memperhatikan beberapa hal terkait dengan Universitas Airlangga jangan sampai ketinggalan infonya yaa..
Mengatur Semua Penerimaan Mahasiswa Baru
PPMB merupakan singkatan dari Pusat Penerimaan Mahasiswa Baru. Sesuai dengan namanya, PPMB merupakan lembaga yang didirikan khusus oleh Unair untuk melakukan seleksi mahasiswa baru. PPMB Unair tidak hanya ditujukan bagi mahasiswa sarjana (S1), lho, tapi juga Diploma (D3 dan D4), Magister (S2), Doktor (S3), hingga Program Pendidikan Doktor Spesialis. Melalui PPMB, Unair juga membuka Program Magister Menuju Dokter untuk Sarjana Unggul.
Tidak Hanya untuk Jalur Mandiri
Meskipun merupakan lembaga yang inisiatif didirikan oleh Unair, PPMB tidak hanya dilaksanakan untuk ujian masuk jalur mandiri. PPMB Unair juga menyediakan informasi bagi kamu yang ingin menjadi mahasiswa Unair melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (SBMPTN). SNMPTN merupakan jalur undangan yang menggunakan nilai rapor, sedangkan SBMPTN mengaharuskanmu untuk mengikuti tes.
Punya Grup Facebook
Selain situs resmi yang bisa kamu akses di sini, PPMB Unair juga mempunyai grup Facebook. Melalui media sosial tersebut, tim PPMB Unair secara rutin meng-update informasi terkait dengan penerimaan mahasiswa baru. Hal tersebut tentu memudahkan kamu yang suka berselancar di dunia media sosial. Tetapi, kamu juga masih bisa mengajukan pertanyaan melalui situs resmi PPMB Unair, kok. Tidak akan butuh waktu lama bagi kamu untuk menerima jawaban dari mereka.
Cari Tahu Syarat-Syaratnya
Ada beberapa hal yang harus kamu persiapkan apabila ingin berkuliah di Unair. PPMB Unair sudah menyiapkan syarat-syarat tersendiri bagi para calon mahasiswa Diplomat, Sarjana, Magister, hingga Doktor. Pada jalur SNMPTN untuk calon mahasiswa S1, misalnya, kamu harus memiliki nilai rapor dari semester satu sampai lima yang telah diisi oleh Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PPDS). Aktiflah mengunjungi situs resmi PPMB Unair untuk melengkapi syarat-syarat yang diperlukan.
Porsi Penerimaan Mahasiswa
Unair menjadi salah satu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dengan persaingan masuk yang amat ketat. Untuk pendidikan S1, Unair memutuskan menerima 50% mahasiswa baru mereka melalui jalur SNMPTN. Sedangkan, 30% lainnya diterima melalui jalur SBMPTN. Sisanya, yakni sebanyak 20%, diambil melalui jalur mandiri yang biasanya diadakan setelah SBMPTN dan SNMPTN. Secara total, ada 13 fakultas dan 35 jurusan kulian S1 yang bisa kamu pilih di Unair.
Sistem Baru Biaya Pendidikan
Khusus untuk jalur mandiri, Unair telah menetapkan sendiri biaya pendidikan yang harus dibayar oleh para mahasiswanya. Dulu, Unair memukul rata biaya uang pangkal mereka. Kini, ada tiga sistem pembayaran yang bisa kamu pilih sesuai dengan kemampuan finansial orang tua kamu, yakni UKT 6A, UKT 6B, dan UKT 6C. Biaya pendidikan paling murah ada dalam UKT 6A dengan UKT 6C memiliki jumlah biaya pendidikan paling tinggi.
Menerima Mahasiswa Asing
Kamu punya teman dari luar negeri yang tertarik untuk melanjutkan kuliah di Unair? Bisa banget, Quipperian! PPMB juga melayani pendaftaran kuliah mahasiswa asing, kok. Tetapi, fakultas yang ditawarkan terbatas, yakni hanya mencakup Fakultas Kedokteran, Fakultas Kedokteran Gigi, Fakultas Farmasi, dan Fakultas Kedokteran Hewan. Asyik banget, kan, kalau saat kuliah di Unair nanti kamu bisa mempunyai teman dari berbagai negara?
Bisa Melakukan Alih Jurusan
Saat SMA, kamu masuk dalam jurusan apa, Quipperian? IPA? IPS? Bahasa? Tidak perlu khawatir tidak bisa kuliah di jurusan yang bukan merupakan jurusan asalmu ketika SMA. Di Unair, kamu bisa mengikuti seleksi jalur mandiri program studi IPS meskipun kamu berasal dari jurusan IPA. Asalkankamu belajar dan sering mengerjakan latihan soal, kamu pastidapat melalui tes dengan mudah dan lancar.
Sistem Pendaftaran Secara Online
Mendaftar kuliah kini tidak perlu ribet, lho, Quipperian. Sebagian besar prosesnya dilakukan secara online. Untuk SNMPTN dan SBMPTN, misalnya, kamu cukup menyiapkan keperluan dan persyaratan yang telah ditentukan dan meng-upload-nya pada situs resmi. Tidak terkecuali seleksi jalur mandiri Unair, Quipperian. Siapkan hasil scan dari dokumen-dokumen yang diminta, dan kamu akan bisa melakukan pengisian biodata untuk pendaftarannya.
Pelajari Materi Ujian
Apabila jalur SNMPTN hanya memerlukan nilai rapor selama SMA, makan jalur seleksi mandiri Unair tidak jauh berbeda dari SBMPTN. Kamu diharuskan untuk mengikuti tes sesuai dengan jurusan yang kamu pilih. Untuk kelompok ujian IPA, kamu akan menemui mata pelajaran Biologi, Fisika, dan Kimia. Berbeda dari kelompok ujian IPS yang harus bertemu dengan Sosiologi & Antropologi, Tata Negara, Ekonomi, Geografi, dan Sejarah. Tetapi, kedua kelompok ujian tersebut sama-sama menapatkan mata pelajaran Matematika, Bahasa Inggris, dan Tes Potensi Akademik (TPA).


 come and visit this link..>> http://www.unair.ac.id/
                                           http://bpp.unair.ac.id/ketentuanlomba 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar